Repository Universitas Andalas

Rancang bangun alat pemutar fraction collector menggunakan motor stepper berbasis mikrokontroler AT89S51

Arinal, Hendra (2008) Rancang bangun alat pemutar fraction collector menggunakan motor stepper berbasis mikrokontroler AT89S51. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Rancang bangun alat pemutar fraction collector menggunakan motor stepper berbasis mikrokontroler AT89S51) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449Kb) | Preview

Abstract

Fraction collector merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk pengisian zat atau cairan pada beberapa tabung reaksi secara sekaligus yang dapat bekerja secara otomatis. Fraction collector biasanya digunakan di laboratorium Kimia dan Farmasi. Fraction collector banyak ditemukan di pasaran dalam bentuk yang bervariasi dengan harga yang cukup mahal sampai berkisar 313 US$. Karena harganya cukup mahal dan seiring dengan perkembangan elektronika ke teknologi mikrokontroler maka penulis ingin merancang fraction collector dengan menggunakan teknologi mikrokontroler tersebut. Alat pemutar fraction collector yang dirancang menggunakan sebuah motor stepper sebagai penggerak rak tabung reaksi dan mikrokontroler AT89S51 sebagai pengontrol atau pengatur gerak motor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:00
Last Modified: 05 Oct 2011 09:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item