Repository Universitas Andalas

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN PADAT TRANSPARAN DENGAN BAHAN TAMBAHAN EKSTRAK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia S.)

JUNI, ENDEL TUMUR (2008) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN PADAT TRANSPARAN DENGAN BAHAN TAMBAHAN EKSTRAK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia S.). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI SABUN PADAT TRANSPARAN DENGAN BAHAN TAMBAHAN EKSTRAK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia S.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (477Kb) | Preview

Abstract

Sabun padat transparan dengan bahan dasarnya minyak kelapa yang mengandung asam laurat sekitar 41-50% (bersifat sebagai antimikroba). Sabun ini memiliki tampilan transparan, lebih berkilau menghasilkan busa yang lebih lembut dan berfungsi menggangkat kotoran, menghaluskan, melembutkan dan melembabkan kulit. penambahan zat aditif alami pada sabun dapat menambah kualitas dari sabun yang tidak memberikan efek samping seperti halnya penggunaan bahan kimia sintetis, serta memberikan warna dan aroma yang khas. Salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai zat aditif alami pada sabun, yang dapat bersifat sebagai antimikroba untuk kulit adalah jeruk nipis. Berdasarkan hal itu maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mencari komposisi dan mengkarakterisasi sabun padat transparan dengan bahan baku minyak kelapa kemasan dan bahan tambahan ekstrak jeruk nipis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 09:00
Last Modified: 04 Oct 2011 04:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item View Item