Repository Universitas Andalas

PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM SELULASE JAMUR Trichoderma harzianum Rifai PADA SUBSTRAT SERBUK GERGAJI

Amran, Ali (2008) PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM SELULASE JAMUR Trichoderma harzianum Rifai PADA SUBSTRAT SERBUK GERGAJI. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM SELULASE JAMUR Trichoderma harzianum Rifai PADA SUBSTRAT SERBUK GERGAJI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (457Kb) | Preview

Abstract

Negeri kita sangat kaya dengan limbah selulosa seperti jerami padi, ampas tebu, bongkol jagung, sarasah hutan, tempurung kelapa, limbah kayu (serbuk gergaji), limbah kertas dan ampas pembuatan tepung tapioka. Sangat disayangkan bila limbah tersebut tidak diolah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis seperti glukosa, alkohol dan sebagainya. Salah satu jamur penghasil enzim selulase yang dapat mengubah limbah selulosa tersebut adalah Trichoderma harzianum Rifai. Pemanfaatan T. harzianum sebagai pupuk organik saat ini juga sedang dikembangkan buat petani di Sumatera Barat. Para ahli tertarik meneliti jamur ini karena kemampuannya berperan sebagai agen hayati yang mampu mengendalikan jamur dan bakteri perusak tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kondisi optimum produksi enzim selulase dan T. harzianum dengan menggunakan substrat serbuk gergaji dan untuk menentukan kondisi optimum aktifitas enzim selulase dengan melakukan uji aktifitas enzim pada beberapa kondisi antara lain : variasi pH, variasi suhu, variasi lama inkubasi dan variasi konsentrasi substrat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 12 May 2011 06:30
Last Modified: 05 Oct 2011 07:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13074

Actions (login required)

View Item View Item