Repository Universitas Andalas

KALIMAT LUAS BERKLAUSA RELATIF DALAM TEKS WARTA BERITA DAERAH RADIO REPUBLIK INDONESIA PADANG

Rozhaldy, Beni (2010) KALIMAT LUAS BERKLAUSA RELATIF DALAM TEKS WARTA BERITA DAERAH RADIO REPUBLIK INDONESIA PADANG. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (KALIMAT LUAS BERKLAUSA RELATIF DALAM TEKS WARTA BERITA DAERAH RADIO REPUBLIK INDONESIA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (438Kb) | Preview

Abstract

Penelitian kalimat luas berklausa relatif dalam teks Warta Berita Daerah Radio Republik Indonesia Padang ini dilatarbelakangi oleh penggunaan klausa relatif sebagai penjelas kalimat luas yang digunakan dalam teks warta berita RRI Padang. Keberadaan klausa relatif dalam kalimat luas yang fungsi sintaksisnya mengalami periuasan menyebabkan konstruksi kalinnat menjadi lebih panjang. Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada fungsi sintaksis kalirnat luas berklausa relatif dalam teks Warta Berita Daerah RRI Padang, apa saja fungsi sintaksis, kategorr pengisi. dan peran tiaptiap fungsi klausa relatif pada teks Warta Berita Daerah RRI Padang, serta jenis klausa relatif yang digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tigatahapan, yaitu metode penyediaandata, metode analisis data, dan metode penyajian hasil anflisis data. Pada tahap penyediaan data digunakan metode simak, dengan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik catat sebagai teknik lanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 May 2011 08:58
Last Modified: 12 May 2011 08:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13117

Actions (login required)

View Item View Item