Repository Universitas Andalas

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Riil Perkapita Kabupaten/Kota di Sumatera Barat

Afdal, Afdal (2008) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Riil Perkapita Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto Riil Perkapita Kabupaten/Kota di Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (353Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi produk domestik regional bruto riil perkapita kabupaten/kota di Sumatera Barat tahun 2000 hingga tahun 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Investasi Pemerintah yang diproksi dari Realisasi Belanja Pembangunan (RBP) dan Jumlah Angkatan Kerja yang bekerja terhadap produk domestik regional bruto riil perkapita masing-masing kabupaten/kota di Sumatera Barat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode OLS (Ordinary Least Square), yakni analisis regresi berganda dengan memakai metode selisih logaritma untuk melihat bagaimana pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap PDRB riil perkapita kabupaten/kota di Sumatera Barat. Data yang digunakan adalah data panel PDRB riil perkapita, pendapatan asli daerah, realisasi belanja pembangunan dan tenaga kerja yang bekerja kabupaten/kota di Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan secara umum di kabupaten/kota di Sumatera Barat variabel pendapatan asli daerah, realisasi belanja pembangunan, dan tenaga kerja yang bekerja mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap PDRB riil perkapita . Oleh sebab itu, pemerintah diharapkan untuk lebih mengelola sumber ekonomi lokal yang berguna untuk mendorong pembangunan ekonomi wilayah yang ditandai dengan peningkatan PDRB riil perkapita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:37
Last Modified: 05 Oct 2011 04:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item