Repository Universitas Andalas

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN YANG IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2009

Savitri, Winny (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN YANG IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2009. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PERUSAHAAN YANG IPO DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2005-2009) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh reputasi auditor, ukuran perusahaan , return on equity, persentase jumlah saham yang ditawarkan, rata-rata kurs, dan IHSG terhadap underpricing saham perusahaan yang melakukan IPO dari tahun 2005-2009. Sampel pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang IPO di Bursa Efek Indonesia pada periode tersebut, memiliki initial return positif dan bukan perusahaan perbankan dan lembaga keuangan sejenis. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang menggunakan purposive sampling, diperoleh 41 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan regresi berganda untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara variabel dependen dan independennya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat underpricing yang terjadi selama tahun 2005-2009 sebesar 40.34 %. Secara parsial hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap underpricing saham perusahaan, yaitu persentase jumlah saham yang ditawarkan dan tata-rata kurs. Sedangkan secara bersama-sama variabel reputasi auditor, ukuran perusahaan , return on equity, persentase jumlah saham yang ditawarkan, rata-rata kurs, dan IHSG secara signifikan mempengaruhi tingkat underpricing saham.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:35
Last Modified: 10 Oct 2011 04:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item