Repository Universitas Andalas

THE SYMPTOMS AND IMPACTS OF ELECTRA COMPLEX OF THE MAIN CHARACTER IN VERA AND BILL CLEAVER'S "WHERE THE LILIES BLOOM"

Yasran, Adril (2008) THE SYMPTOMS AND IMPACTS OF ELECTRA COMPLEX OF THE MAIN CHARACTER IN VERA AND BILL CLEAVER'S "WHERE THE LILIES BLOOM". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (THE SYMPTOMS AND IMPACTS OF ELECTRA COMPLEX OF THE MAIN CHARACTER IN VERA AND BILL CLEAVER'S "WHERE THE LILIES BLOOM") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas gejala-gejala dan dampak Elektra complex yang terdapat dalam diri tokoh utama novel Where the Lilies Bloom karya Vera dan Bill Cleaver. Marry Call, sang tokoh utama menunjukkan adanya kecenderungan penyimpangan rasa sayang seorang anak perempuan terhadap ayahnya. Marry terlalu memuja ayahnya dan menganggap ayahnya adalah sosok yang paling ideal yang pernah dikenalnya. Setelah kematian sang ayah ia tertarik kepada seorang pria yang memiliki karakter seperti ayahnya dan memproyeksikan objek cintanya kepada pria tersebut. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan metode kajian kepustakaan. Data dianalisis dengan metode kualitatif dengan perangkat teori psikoanalisis Sigmund Freud tentang krisis oedipal dalam diri seorang anak. Hasil penelitian disampaikan secara deskriptif. Setelah menganalisis novel Where the Lilies Bloom, penulis menyimpulkan bahwa karakter utama dalam novel ini mengalami gejala Elektra complex yang berdampak pada kehidupan dan keputusan-keputusan penting dalam hidupnya serta interaksinya dengan orang lain, yang ditunjukkan oleh rasa bangga yang berlebihan terhadap nama keluarga dan prinsip-prinsip hidup yang berasal dari kesetiaan absolut terhadap ayahnya, sehingga membuat karakter utama bertindak seperti prinsip-prinsip sang ayah. Sebagai bentuk resolusi Elekta complex, karakter utama mengidentifikasi sosok ibu yang terdapat pada diri kakak perempuannya Devola. Namun identifikasi ini tidak membuatnya berhasil mendapatkan Kiser, proyeksi dari karakter sang ayah, yang ternyata mencintai Devola sebagai proyeksi karakter ibunya. Sehingga pada tahap akhir resolusi, Marry mengidentifikasi figur lain, yaitu seorang guru di sekolahnya, sebagai pengganti sosok ibu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:34
Last Modified: 12 Oct 2011 03:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item