Repository Universitas Andalas

Analisis Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir (Sebuah Studi Kasus di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan)

Ridhwan, Ridhwan (2008) Analisis Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir (Sebuah Studi Kasus di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan). Other thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
PDF (Analisis Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir (Sebuah Studi Kasus di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini mernbahas tentang analisis modal sosial terhadap kesejatrteraan masyarakat pesisir di Kec. Koto XI Tarusan Kab. Pesisir Selatan. Modal sosial sendiri terdiri dari aspek kelembagaan, adat-istiadat, kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Sedangkan kesejahteraan masyarakat diukur dari tingkat pengeluaran rumah tangga perkapita. Tujuan dari penelitian ini adalatr untuk menganalisis karakteristik modal sosial yang dimiliki masyarakat pesisir, menganalisis kontribusi dan peranan modal sosial terhadap kesejahteraan rumah tangga pesisir dan menganalisis hubungan an|ere variaAd modal sosial denlan variabel kesejahteraan masyar-akat pesisir, Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi kuadrat terkecil (OLS) untuk melihit pengaruh modal sosial dengan pengeluran rumah tangga tingkat pencapaian responden dalam mengukur taraf indikator masing-variabel serta menggunakan analisis chi-square untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menur{ukkan bahwa modal sosial ditengah masyarakat berada padataraf baik yakni dapat memberikan pengaruh yang signifikan serta hubungan yang erat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, maka dalam pengambilan kebijaksanaan pernbangunan, modal sosial sudah seharusnyalah diikutsertakan dan bagi masyarakat sendiri perlunya meningkatkan modal sosial di dalam jalinan kehidupan untuk mencapai pembangunan yang lebih baik serta pemerataan perekonomian di berbagai pihak masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 May 2011 06:33
Last Modified: 10 Oct 2011 09:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item