Repository Universitas Andalas

Analisis Inflasi Dalam Kerangka Inflation Targeting Framework (ITF) Pasca Indepedensi Bank Indonesia

Putra, Periko (2008) Analisis Inflasi Dalam Kerangka Inflation Targeting Framework (ITF) Pasca Indepedensi Bank Indonesia. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisis Inflasi Dalam Kerangka Inflation Targeting Framework (ITF) Pasca Indepedensi Bank Indonesia) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis inflasi dalam kerangka inflation targeting pasca independensi Bank Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara laju inflasi dengan suku bunga BI Rate dan jumlah uang beredar di Indonesia serta membandingkan laju inflasi sebelum dan sesudah penerapan kerangka kerja moneter inflation targeting di Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Engle Granger Causality Test, untuk melihat bagaimana hubungan antara laju inflasi dengan suku bunga BI rate dan jumlah uang beredar di Indonesia serta analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan laju inflasi sebelum dan sesudah kerangka inflasi targeting. Data yang digunakan adalah data inflasi bulanan (yoy), suku bunga BI Rate dan jumlah uang beredar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kausalitas 2 arah antara suku bunga BI Rate dan inflasi, tidak terdapat hubungan kausalitas antara jumlah uang beredar dengan inflasi dan laju inflasi yang lebih rendah dan stabil setelah penerapan inflation targeting. Perubahan suku bunga BI rate akan mempengaruhi laju inflasi dan sebaliknya. Sedangkan perubahan jumlah uang beredar tidak mempengaruhi inflasi dan sebaliknya. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Bank Indonesia lebih memperhatikan instrumen moneter suku bunga BI rate dibandingkan jumlah uang beredar untuk mengontol laju inflasi dan tetap mempertahankan kerangka kerja inflation targeting sebagai landasan kebijakan moneter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 May 2011 06:32
Last Modified: 11 Oct 2011 03:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item