Repository Universitas Andalas

Hubungan Tingkat Kesenjangan Pendapatan dengan Pertumbuhan Ekonomi Studi Lintas Provinsi di Sumatera

Fitrina, Fitrina (2008) Hubungan Tingkat Kesenjangan Pendapatan dengan Pertumbuhan Ekonomi Studi Lintas Provinsi di Sumatera. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Hubungan Tingkat Kesenjangan Pendapatan dengan Pertumbuhan Ekonomi Studi Lintas Provinsi di Sumatera) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Hubungan Tingkat Kesenjangan Pendapatan dengan Pertumbuhan Ekonomi Studi Lintas Provinsi di Sumatera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesenjangan pendapatan dan human capital dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sumatera. Analisis ekonometrik dengan metode General Least Sguare (GLS) digunakan untuk melihat hubungan kedua variabel berdasarkan data time series tahun 1999-2008 dan cross section 8 propinsi yang ada di Sumatera. Hasil penelilian menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95 persen atau a=5%, nilai koefisien determinasi R2 adalah sebesar 96,61 persen, berarti bahwa 96,61 persen pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh kesenjangan pendapatan dan human capital. Secara parsial, hasil analisis menunjukkan bahwa kesenjangan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera. Oleh karena itu pemerintah dapat melakukan upaya peningkatan pendapatan masyarakat agar tercapai peningkatan pertumbuhan ekonomi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara human capital dan pertumbuhan ekonomi. Maka pemerintah dapat membuat kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 07:19
Last Modified: 07 Oct 2011 07:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13254

Actions (login required)

View Item View Item