Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN BELANJA MODAL DENGAN BELANJA PEMELIHARAAN (Studi Empirik pada Tujuh Kabupaten dan Tiga Kota di Sumatera Barat)

Agusta, Zulki Andre (2008) HUBUNGAN BELANJA MODAL DENGAN BELANJA PEMELIHARAAN (Studi Empirik pada Tujuh Kabupaten dan Tiga Kota di Sumatera Barat). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN BELANJA MODAL DENGAN BELANJA PEMELIHARAAN (Studi Empirik pada Tujuh Kabupaten dan Tiga Kota di Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (364Kb) | Preview

Abstract

Belanja modal merupakan pengeluaran pemerintah yang manfaatnya melebihi satu tahun anggaran dan akan menambah aset atau kekayaan daerah, dan selanjutnya akan menambah belanja yang bersifat rutin seperti biaya operasional dan pemeliharaan. Sehingga proporsi belanja modal yang besar akan mengakibatkan anggaran rutin untuk biaya operasional dan pemeliharaanya akan naik. Belanja pemeliharaan tidak menambah dan memperpanjang masa manfaat dan tidak memberikan manfaat ekonomik di masa yang akan datang. Permasalahannya adalah bagaimana hubungan belanja modal dengan belanja pemeliharaan di kabupaten/kota di sumatera Barat selama tiga tahun (2006-2008). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan antara belanja modal dengan belanja pemeliharaan. Dengan kata lain penelitian yang dilakukan dapat membuktikan hubungan yang signifikan antara belanja modal dan belanja barang terhadap belanja pemeliharaan, dengan kata lain menerima hipotesis nol (Ho) dan menolak hipotesis alternatif (Ha).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 07:52
Last Modified: 05 Oct 2011 05:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item