Repository Universitas Andalas

Analisis Pengeluaran Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Propinsi Sumatera Barat

Mulyani, Titin (2008) Analisis Pengeluaran Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Propinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisis Pengeluaran Pemerintah Daerah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Propinsi Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514Kb) | Preview

Abstract

Desentralisasi Fiskal ditujukan untuk mengatasi ketimpangan di berbagai daerah dan sektor ekonomi, sehingga dengan meningkatnya kewenangan yang diberikan kepada daerah diharapkan alokasi anggaran akan semakin efisien sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Undang-undang Nomor 33 tahun 2004 memungkinkan daerah-daerah yang kaya akan sumber daya alam memperoleh bagi hasil yang lebih besar untuk memacu pertumbuhan ekonominya, sedangkan daerah-daerah yang minim sumber daya alamnya upaya yang dapat dilakukan adalah mengelola pengeluarannya dengan efisien. Rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Barat pada tahun 2005 adalah sebesar 5.69 persen, namun rasio pengeluaran pemerintah terhadap PDRB sangat variatif berkisar 5.86 persen hingga 37 persen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan pengeluaran pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Propinsi Sumatera Barat dan menganalisis pola pengeluaran pemerintah daerah di Propinsi Sumatera Barat sehingga dapat dirumuskan strategi dan kebijakan untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengeluaran pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 07:26
Last Modified: 12 Oct 2011 07:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item