Repository Universitas Andalas

ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGEMENT)

Daulay, Fiky Maulana (2008) ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGEMENT). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (ESCAPISM AS IDEOLOGY IN FRANZ KAFKA'S SELECTED SHORT STORIES (THE METAMORPHOSIS, A HUNGER ARTIST, THE JUDGMENT)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menganalisis beberapa cerita pendek karya Franz Kafka : The Metamorphosis, A Hunger Artist dan The Judgement . Di dalam ketiga teks terdapat kesamaan pola dimana konflik selalu muncul ketika individual dihadapkan dengan posisi mereka dibawah tekanan sosial dari masyarakat kelas menengah di Prague pada awal abad ke-20. Fokus dari teks-teks tersebut terletak pada bentuk penggambaran solusi oleh karakter-karakter utama yang melibatkan persepsi mereka terhadap realitas. Penulis menggunakan konsep alienasi, ideologi dan negative knowledge yang dikemukakan oleh Marx, Louis Althusser dan Theodor Adorno. Dibatasi oleh kerangka pendekatan Marxisme, konsep alienasi menggali bentuk keterasingan karakter utama terhadap diri dan realitasnya. Sebagai konsep utama, konsepsi ideologi Althusser menjadi sorotan penting terhadap solusi ideologis terhadap masalah yang dialami karakter-karakter utama. Secara umum, dua konsep ini menjelaskan konten dari teks. Sedangkan negative knowledge mempunyai peran dalam analisa bentuk formal dari teks yang juga berfungsi sebagai kritik terhadap kontradiksi sosial yang terjadi di zaman Kafka. Analisa didukung kajian kepustakaan melalui buku dan referensi yang terkait. Selanjutnya analisa menggunakan metode kualitatif untuk mangambil kutipan sumber terkait. Hasil analisa disampaikan melalui metode deskriptif. Sebagai hasil penelitian, penulis menemukan bahwa eskapisme adalah wujud dari ideologi yang bekerja sebagai solusi dari ketidakmampuan karakter-karakter utama mengisi peran ideologis baik sebagai pekerja, seniman dan usahawan. Analisa ideologi juga mengandung penjabaran kontradiksi sosial yang menyingkap dominasi masyarakat kelas menengah di Prague dimana kapitalisme industrial berkembang pesat. Sebagai analisa akhir, teks-teks Kafka mewakili karya sastra yang kritis terhadap kontradiksi sosial zamannya ditinjau dari fungsi unsur-unsur formal yang terdapat di dalam teks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:27
Last Modified: 03 Oct 2011 07:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item