Repository Universitas Andalas

SOCIAL CONTRADICTIONS IN INDIAN CAPITALIST SOCIETY AS REFLECTED IN ARAVIND ADIGA'S "THE WHITE TIGER"

Diparany, Andhiny Rahayu (2008) SOCIAL CONTRADICTIONS IN INDIAN CAPITALIST SOCIETY AS REFLECTED IN ARAVIND ADIGA'S "THE WHITE TIGER". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (SOCIAL CONTRADICTIONS IN INDIAN CAPITALIST SOCIETY AS REFLECTED IN ARAVIND ADIGA'S "THE WHITE TIGER") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas novel The White Tiger karya Aravind Adiga yang merefleksikan kehidupan realita di India. Di dalam novel ini terdapat perbedaan kelas yang dominan diantara masyarakat. Adiga menceritakan tentang Balram, tokoh utama di dalam novel, berasal dari masyarakat kelas bawah yang ingin menjadi kaya, mempunyai banyak uang dan menjadi seorang pengusaha sukses. Keinginan dan impian ini didorong oleh sistem kapitalisme yang menguasai masyarakat India. Penulis menggunakan teori refleksi dari Georg Lukacs dalam menganalisis novel ini. Novel ini mampu memperlihatkan keadaaan sosial-ekonomi di dalam masyarakat India dari sisi negatif kapitalisme pada abad 21 yang terefleksi di dalam teks. Georg Lukacs di dalam teorinya berpendapat bahwa karya yang beraliran realis mampu mengkritik kapitalisme dengan memperlihatkan totalitas kehidupan di dalam masyarakat. Dari hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa novel ini merefleksikan permasalahan sosial pada masyarakat yang diakibatkan oleh kondisi ekonomi dan sistem kapitalisme. Novel the white tiger memperlihatkan sisi negatif kapitalisme pada masyarakat India abad 21 melalui pengalaman Balram untuk mencapai mimpinya seperti adanya individualisme diantara masyarakat kelas bawah, perbedaan antara kelas atas dan kelas bawah dan suap-menyuap yang merupakan hal biasa bagi masyarakat India untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:37
Last Modified: 04 Oct 2011 02:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item