Repository Universitas Andalas

Proses Penyelesaian Sengketa Melalui Lembaga Adat di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Suarni, Lili (2008) Proses Penyelesaian Sengketa Melalui Lembaga Adat di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Proses Penyelesaian Sengketa Melalui Lembaga Adat di Nagari Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (667Kb) | Preview

Abstract

Secara hukum positif nasional penyelesaian sengketa yang ada adalah melalui proses pengadilan formal yang telah diatur secara khusus. Namun dalam perkembanganya sistem formal ini belum mampu memberikan kepuasan kepada para pittut dan parapencari keadilan lainya. Ketidak puasan itu antara lain memerlukan waktu yang tama, biaya mahal dan senantiasa berbelit-belit dan bersifat kaku. Untuk menjawab periasataitan iersebut salah satu alternatif adalah memfungsikan kembali lembaga-lembaga adat yang ada di masyarakat mulai dari tingkat kaum, suku, dan tingkat Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan untuk Sumatera Barat adalah di Nagari agar keadilan yang diharapkan dapat terwujud karena dalam hal ini tidak ada pihak yang menang atau kalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 08:30
Last Modified: 10 Oct 2011 08:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13307

Actions (login required)

View Item View Item