Repository Universitas Andalas

Seleksi Somaklonal Tumbuhan Andalas (Morus macroura Miq. var Macroura) yang Toleran Terhadap Cekaman Kekeringan secara In Vitro Menggunakan Polietilena Glikol (PEG)

Idris, M. (2008) Seleksi Somaklonal Tumbuhan Andalas (Morus macroura Miq. var Macroura) yang Toleran Terhadap Cekaman Kekeringan secara In Vitro Menggunakan Polietilena Glikol (PEG). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Seleksi Somaklonal Tumbuhan Andalas (Morus macroura Miq. var Macroura) yang Toleran Terhadap Cekaman Kekeringan secara In Vitro Menggunakan Polietilena Glikol (PEG)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (490Kb) | Preview

Abstract

Tumbuhan Andalas (Morus macrours Miq. var. macroura) merupakan salah satu tumbuhan asli Sumatera Barat dan tergolong kedalam tumbuhan langka endemik Indonesia yang terancam punah. Andalas banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena kualitas kayunya yang sangat baik dan memiliki potensi dikembangkan untuk tanaman industri, namun terkendala akibat habitatnya yang terbatas di daerah dengan kelembaban yang relatif tinggi sedangkan area yang tersedia umumnya adalah lahan terbuka yang tandus dan kritis. Salah satu alternatif untuk penyediaan klon yang toleran kekeringan adalah melalui seleksi somaklonal dengan menggunakan polietilena glikol (PEG) terhadap klon-klon tumbuhan Andalas yang dihasilkan dan diperbanyak secara invitro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; ambang batas kelolosan hidup eksplan terhadap cekaman kekeringan dengan menggunakan beberapa konsentrasi PEG (0-5%), peningkatan toleransi eksplan terhadap cekaman kekeringan dengan menggunakan beberapa konsentrasi PEG (kelipatan o,25%) dan perubahan karakter anatomi dan fisiologi klon tumbuhan Andalas yang toleran terhadap cekaman kekeringan dengan menggunakan PEG.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 13 May 2011 11:04
Last Modified: 04 Oct 2011 04:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item