Repository Universitas Andalas

PENGARUH PROSES PENGGORENGAN TERHADAP KANDUNGAN LOGAM Pb DAN Cu PADA MINYAK YANG DIPAKAI BERULANG KALI

Yanti, Yani Sri (2008) PENGARUH PROSES PENGGORENGAN TERHADAP KANDUNGAN LOGAM Pb DAN Cu PADA MINYAK YANG DIPAKAI BERULANG KALI. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PROSES PENGGORENGAN TERHADAP KANDUNGAN LOGAM Pb DAN Cu PADA MINYAK YANG DIPAKAI BERULANG KALI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (543Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pengaruh proses penggorengan terhadap kandungan logam Pb dan Cu pada minyak telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengulangan pemakaian minyak goreng, melihat jenis wajan penggorengan dan bahan yang digoreng (ayam) terhadap kandungan logam Pb dan Cu dalam minyak jelantah. Wajan yang digunakan pada proses penggorengan yaitu wajan aluminium dan stainless steel. Untuk melepaskan ikatan logam pada sampel minyak digunakan metoda destruksi basah menggunakan pelarut HNO3 p.a dan H2O2 30 %, selanjutnya untuk menentukan kadar Pb dan Cu dengan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA Rayleigh WFX-320). Uji statistik tentang pengaruh pengulangan pemakaian minyak terhadap kandungan logam Pb dan Cu dengan menggunakan uji F menunjukkan bahwa pengulangan penggorengan, jenis wajan dan bahan yang digoreng (ayam) memiliki perbedaan yang signifikan untuk meningkatkan kadar logam Pb dan Cu. Nilai logam Pb dan Cu yang diperoleh melebihi standar mutu minyak goreng pada SNI 0l-374-2002.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 May 2011 04:50
Last Modified: 12 Oct 2011 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13322

Actions (login required)

View Item View Item