Repository Universitas Andalas

VISUALISASI DUA DIMENSI ALIRAN FLUIDA DI ANTARA DUA PLAT PARALEL MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA (FINITE DIFFERENCE)

Ikram, Zul (2008) VISUALISASI DUA DIMENSI ALIRAN FLUIDA DI ANTARA DUA PLAT PARALEL MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA (FINITE DIFFERENCE). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (VISUALISASI DUA DIMENSI ALIRAN FLUIDA DI ANTARA DUA PLAT PARALEL MENGGUNAKAN METODE BEDA HINGGA (FINITE DIFFERENCE)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (596Kb) | Preview

Abstract

Metode pendekatan terbaru dalam bidang keilmuan mekanika fluida adalah analisis secara numerik. Analisa fluida bergerak menggunakan metode numerik dengan bantuan komputer dalam dinamika fluida dikenal dengan Computational Fluid Dynamic (CFD). Perangkat CFD yang ada masih bersifat komersil dan sulit diperoleh, sehingga dibuat suatu program aplikasi visualisasi aliran fluida dengan kasus aliran fluida di antara dua plat paralel. Program aplikasi yang dibuat menggunakan metode numerik beda hingga (finite diference). Program aplikasi menggambarkan pola aliran fluida dan distribusi tekanan secara dua dimensi. Konsep-konsep fisika yang menjadi dasar adalah hukum kekekalan massa dan hukum kekekalan momentum yang diturunkan dengan perumusan matematis sehingga diperoleh persamaan kontinuitas dan persamaan Navier-Stokes. Fluida yang digunakan untuk visualisasi program aplikasi adalah air pada suhu normal 29-30 'C, dengan densitas (p) = 995,7 kg/m^3, viskositas dinamik (m)= 7,975,10^-4 N.s/m2, jarak antar plat (d) = 0,1 m, dan panjang plat (L) = 20 m. Visualisasi dilakukan berdasarkan variasi kecepatan awal (uo), antara lain 1 m/s, 3 m/s, dan 5 m/s, diperoleh persentase error antara 8,425 - 9,953 % untuk kecepatan aliran dan persentase error antara 2,612 - 77,116 % untuk gradien tekanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 May 2011 04:49
Last Modified: 04 Oct 2011 04:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item View Item