Sari, Indah Purnama (2008) A STUDY OF HYPERBOLE IN THE JAKARTA POST. Other thesis, Fakultas Sastra.
|
PDF (A STUDY OF HYPERBOLE IN THE JAKARTA POST)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (296Kb) | Preview |
Abstract
Di dalam skripsi ini penulis membahas penggunaan hiperbola dalam media cetak berupa surat kabar. Dimana melalui bahasa dalam surat kabar, orang-orang mendapatkan informasi mengenai ekonomi, politik, bisnis, sport dan lainnya. Hiperbola adalah ucapan (ungkapan, pernyataan) kiasan yang dibesar-besarkan (berlebih-lebihan), dimaksudkan untuk memperoleh efek tertentu, bukan dalam makna yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian yang dikemukakan oleh Sudaryanto yakni tahap pengumpulan data, analisa dan penyajian hasil analisa. Data diambil dari surat kabar berbahasa Inggris The Jakarta Post edisi April dan Juli 2009. Penulis menggunakan teori gaya bahasa yang dikemukakan oleh Perrine. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan gaya bahasa hiperbola memainkan peran penting dalam menciptakan berita agar lebih menarik dan menggemparkan. Selain itu, gaya bahasa hiperbola juga terbukti sangat diperlukan dibidang jurnalistik sehingga berita atau informasi yang disampaikan tidak sekedar informasi saja, tetapi juga mengandung gaya penyampaian yang efektif serta mendapat respon atau perhatian yang lebih besar dari pembaca atau public. Dari analisa data penulis ditemukan 21 buah bentuk hiperbola dengan gambaran maknanya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 18 May 2011 04:48 |
Last Modified: | 07 Oct 2011 08:29 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13340 |
Actions (login required)
View Item |