Repository Universitas Andalas

AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACTS IN REVLON BEAUTY ADVERTISEMENTS

Wulandari, Sri (2008) AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACTS IN REVLON BEAUTY ADVERTISEMENTS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACTS IN REVLON BEAUTY ADVERTISEMENTS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tindak ilokusi yang ditemukan dalam iklan kecantikan Revlon. Analisis difokuskan pada bentuk-bentuk tindak ilokusi dan pesan yang disampaikan. Data dikumpulkan dengan mengunduh iklan kecantikan Revlon dari internet yang diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2010 dengan homepage : http://www.google.comen&source=hp&q=revlon+advertisement. Kemudian, penulis memilih ujaran-ujaran yang mengandung tindak ilokusi. Data dianalisis dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Searle (1979). Dalam menganalisa pesan pada iklan kecantikan Revlon, penulis berpegang pada teori konteks yang dikemukakan oleh Leech (1983). Hasil analisis menunjukkan ada 3 tipe tindak futur ilokusi yang ditemukan dalam iklan kecantikan Revlon yaitu representatif, direktif dan komisif. Tipe tindak tutur yang banyak digunakan adalah tipe tindak tutur representatif. Penulis menyimpulkan bahwa pembuat iklan menggunakan ilokusi representatif dan direktif untuk mengikat konsumen untuk percaya terhadap produk yang mereka tampilkan. Selain itu, diketahui juga bahwa pesan pada iklan memastikan bahwa wanita yang menggunakan produk Revlon adalah wanita yang memiliki kecantikan dan percaya diri. Pesan yang paling menonjol adalah konsumen dianjurkan membeli produk Revlon.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 May 2011 07:32
Last Modified: 11 Oct 2011 09:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item View Item