Wulandari, Sri (2008) AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACTS IN REVLON BEAUTY ADVERTISEMENTS. Other thesis, Fakultas Sastra.
![]()
|
PDF (AN ANALYSIS OF ILLOCUTIONARY ACTS IN REVLON BEAUTY ADVERTISEMENTS)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (298Kb) | Preview |
Abstract
Dalam skripsi ini dibahas tindak ilokusi yang ditemukan dalam iklan kecantikan Revlon. Analisis difokuskan pada bentuk-bentuk tindak ilokusi dan pesan yang disampaikan. Data dikumpulkan dengan mengunduh iklan kecantikan Revlon dari internet yang diterbitkan pada tanggal 23 Maret 2010 dengan homepage : http://www.google.comen&source=hp&q=revlon+advertisement. Kemudian, penulis memilih ujaran-ujaran yang mengandung tindak ilokusi. Data dianalisis dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Searle (1979). Dalam menganalisa pesan pada iklan kecantikan Revlon, penulis berpegang pada teori konteks yang dikemukakan oleh Leech (1983). Hasil analisis menunjukkan ada 3 tipe tindak futur ilokusi yang ditemukan dalam iklan kecantikan Revlon yaitu representatif, direktif dan komisif. Tipe tindak tutur yang banyak digunakan adalah tipe tindak tutur representatif. Penulis menyimpulkan bahwa pembuat iklan menggunakan ilokusi representatif dan direktif untuk mengikat konsumen untuk percaya terhadap produk yang mereka tampilkan. Selain itu, diketahui juga bahwa pesan pada iklan memastikan bahwa wanita yang menggunakan produk Revlon adalah wanita yang memiliki kecantikan dan percaya diri. Pesan yang paling menonjol adalah konsumen dianjurkan membeli produk Revlon.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 18 May 2011 07:32 |
Last Modified: | 11 Oct 2011 09:19 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |