Repository Universitas Andalas

Revitalisasi Motivasi Guru dan Siswa IPA SMA dengan Pendekatan Belajar Berbasis Otak untuk meningkatkan Hasil Ujian Nasional (UN) di Sumatera Barat1)

Nurainas, Nurainas and Syamsuardi, Syamsuardi and Razak, Abdul (2009) Revitalisasi Motivasi Guru dan Siswa IPA SMA dengan Pendekatan Belajar Berbasis Otak untuk meningkatkan Hasil Ujian Nasional (UN) di Sumatera Barat1). Working Paper. Fakultas MIPA. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Revitalisasi Motivasi Guru dan Siswa IPA SMA dengan Pendekatan Belajar Berbasis Otak untuk meningkatkan Hasil Ujian Nasional (UN) di Sumatera Barat1)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (677Kb)

Abstract

Penelitian ini merupakan bentuk sinergi dua bidang ilmu yakni Ilmu Biologi dalam hal ini neurosains (IPA) dengan ilmu pendidikan (IPS). Sinergi keduanya diharapkan memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil UN dari sekolah sasaran di 8 kabupaten di Sumatera Barat. Selama ini, penelitian motivasi yang dikombinasikan dengan neurosains masih minim dilakukan, padahal saat ini sudah berperan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua bagian. Bagian pertama adalah perlakuan dalam bentuk pelatihan pencerahan dan peningkatan motivasi guru dan siswa. Untuk mengetahui respon guru diberikan angket/kuesioner. Untuk siswa dilakukan pengamatan iris mata untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap tingkat stres siswa yang ditunjukkan oleh jumlah lengkung stress yang terdapat pada iris mata dengan bantuan senter khusus yang disebut senter iris. Hasil pelatihan motivasi yang dilakukan untuk guru-guru menunjukkan persentase yang cukup tinggi. Untuk seluruh parameter pengamatan menunjukkan respon yang yang positif berkisar 64-100% yang berarti cukup baik. Hasil ini menunjukkan bahwa guru-guru yang telah mendapatkan pelatihan merasa senang dan aktivitas mereka selama pelatihan menunjukkan respon yang baik. Bahkan, ada 36% yang berkomitmen untuk melakukan perubahan dalam PBM. Hasil pelatihan motivasi untuk siswa memperlihat hal yang sama, juga mempunyai persentasi yang cukup tinggi. Atensi, respon, menjawab pertanyaan, mengikuti permainan dan bertekad lebih baik belajar ditunjukkan oleh data respon berkisar 64-100%. Respon ini bermakna bahwa pelatihan mampu mempengaruhi motivasi siswa untuk lebih baik menghadapi UN dengan perasaan senang yang lebih meningkat. Tingkat stres yang diamati sebelum dan sesudah pelatihan juga diamati pada kegiatan ini. Hasilnya menunjukkan level stres pada siswa menurun setelah diadakan pelatihan. Hal ini sesuai kesan dan pesan saat habis pelatihan. Para siswa berharap ada pelatihan motivasi lagi karena membuat mereka bersemangat dan merasa senang. Mereka menyatakan senang dan lebih optimis menghadapi UN tanpa rasa cemas berlebihan. Pelatihan motivasi memberi solusi baru bagi mereka menghadapi UN 2010. Kata kunci : revitalisasi motivasi, guru dan siswa SMA, berbasis otak, ujian nasional

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: SSi diana zulyetti
Date Deposited: 31 May 2010 09:51
Last Modified: 31 May 2010 09:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item