Repository Universitas Andalas

KONTRIBUSI TERNAK SAPI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DALAM USAHA TANI TERPADU DI KABUPATEN SAWAHLUNTO SIJUNJUNG

Herimon, Herimon (2008) KONTRIBUSI TERNAK SAPI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DALAM USAHA TANI TERPADU DI KABUPATEN SAWAHLUNTO SIJUNJUNG. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (KONTRIBUSI TERNAK SAPI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DALAM USAHA TANI TERPADU DI KABUPATEN SAWAHLUNTO SIJUNJUNG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (465Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung selama dua bulan, mulai dari bulan Desember 1999 sampai dengan Januari 2000. Lokasi penelitian berada di 4 desa dalam kecamatan Sitiung dan Koto Baru, yakni desa Koto Agung, Piruko, Sungai Atang dan Padang Bintungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kondisi sosiodemografi petani. (2) aspek manajemen ternak sapi dalam usahatani terpadu, dan (3) kontribusi ternak sapi terhadap pendapatan bersih usahatani. Penelitian dilakukan dengan metode survei, dengan responden sebanyak 100 orang petani yang memiliki ternak sapi dalam usahatani terpadu. Responden di tarik secara acak sederhana. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan mengacu pada kuesioner, meliputi: (1) sosiodemografi petani, (2) aspek manajemen ternak sapi, dan (3) pendapatan usaha tani. Pengolahan data untuk sosiodemografi dan aspek manajemen dilakukan secara deskriptif, sedangkan kontribusi ternak di analisis menggunakan model regresi linear berganda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Peternakan
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:08
Last Modified: 05 Oct 2011 03:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13431

Actions (login required)

View Item View Item