Repository Universitas Andalas

POLA KEGIATAN WANITA DI SEKTOR INFORMAL (Study Kasus Wanita Pedagang Sayur di Desa Batu Palano dan Padang Laweh Kecamatan Perwakilan Banuhampu Sungai Puar Kabupaten Agam)

YEFNI, YEFNI (2008) POLA KEGIATAN WANITA DI SEKTOR INFORMAL (Study Kasus Wanita Pedagang Sayur di Desa Batu Palano dan Padang Laweh Kecamatan Perwakilan Banuhampu Sungai Puar Kabupaten Agam). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (POLA KEGIATAN WANITA DI SEKTOR INFORMAL (Study Kasus Wanita Pedagang Sayur di Desa Batu Palano dan Padang Laweh Kecamatan Perwakilan Banuhampu Sungai Puar Kabupaten Agam)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (523Kb) | Preview

Abstract

Dengan terlibatnya wanita dalam kegiatan produktif yang langsung menghasilkan pendapatan rumah tangga, tidak mengurangi peran dan tugas reproduktifnya dalam rumah tangga, karena pekerjaan rumah tangga merupakan tugas dan tanggung jawab utama wanita pedagang sayur, baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai istri. Sehingga dalam menjalankan kegiatan produktif dan reproduktif wanita menghadapi berbagai masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kegiatan produktif dan reproduktif, serta partisipasi wanita pedagang sayur dalam kegiatan- kegiatan dipedesaan. Selain itu juga untuk mengetahui masalah- masalah yang dihadapi dalam menjalankan peran ganda tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Responden dipilih secara purposif dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara secara langsung dengan wanita pedagang sayur. Analisa data menggunakan penjelasan kualitatif. Karakteristik wanita pedagang sayur yang ditemukan bahwa umur responden berkisar antara 30 sampai 60 tahun dengan usia rata- rata 42.5 tahun, dan alasan utama mereka berdagang sayur adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup rumah tangga. Hal ini terlihat bahwa sebanyak 87,5% dari responden melakukan kegiatan berdagang setelah menikah dan 12.5%, telah berdagang sebelum menikah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Peternakan
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:07
Last Modified: 12 Oct 2011 02:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item