Repository Universitas Andalas

Analisis Pengaruh Reputasi Underwriter, Auditor, Ukuran dan Umur Perusahaan Terhadap Underpricing Pada Saat Initial Public Offering (IPO) (Studi Empiris pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2006 - Semester I 2009)

Augustine, Trisye Helga (2008) Analisis Pengaruh Reputasi Underwriter, Auditor, Ukuran dan Umur Perusahaan Terhadap Underpricing Pada Saat Initial Public Offering (IPO) (Studi Empiris pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2006 - Semester I 2009). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisis Pengaruh Reputasi Underwriter, Auditor, Ukuran dan Umur Perusahaan Terhadap Underpricing Pada Saat Initial Public Offering (IPO) (Studi Empiris pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2006 - Semester I 2009)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (363Kb) | Preview

Abstract

Underpricing adalah fenomena yang sering terjadi pada saat perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO). Underpricing merupakan suatu keadaan dimana harga penutupan efek yang ditawarkan pada saat IPO cenderung lebih rendah dibandingkan harga penutupan yang terbentuk pada hari pertama di pasar sekunder. Kasus underpricing tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi hampir di setiap negara seperti China, Malaysia, Brazil, Korea, India dan banyak lagi. Fenomena ini berangkat dari permasalahan informasi yang asimetris, teori WinnerCurse, Tradisional-Ibbotson dan Signaling Equilibrium Phenomenom. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing sebagai salah satu pertimbangan perusahaan dalam mengambil keputusan pada saat pelaksanaan Initial Public Offering. Variabel independen dalam penelitian ini antara lain reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran dan umur perusahaan. Penelitian ini akan membidik semua jenis perusahaan dengan persyaratan mengalami underpricing saat melakukan IPO pada tahun 2006 - Semester I 2009 di Bursa Efek Jakarta. Berdasarkan kriteria tersebut, jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 48 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Dan metode penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda (multiple linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini secara serempak berpengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing. Namun keempat variabel ini hanya mampu menjelaskan variabel dependennya sebesar 16,1%. Sedangkan variabel reputasi underwriter adalah satu-satunya variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap underpricing dalam penelitian ini melalui pengujian parsial dan terbukti memiliki arah korelasi yang negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:07
Last Modified: 06 Oct 2011 03:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item