Repository Universitas Andalas

Analisa Pengaruh Pemasangan Drainase Vertikal Dengan Pola segitiga dan Pola Segiempat Pada Tanah Lempung Lunak

Riswan, Riswan (2008) Analisa Pengaruh Pemasangan Drainase Vertikal Dengan Pola segitiga dan Pola Segiempat Pada Tanah Lempung Lunak. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Analisa Pengaruh Pemasangan Drainase Vertikal Dengan Pola segitiga dan Pola Segiempat Pada Tanah Lempung Lunak) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (803Kb) | Preview

Abstract

Pembangunan konstruksi di atas tanah lunak akan mendapat beberapa masalah Geoteknik. Salah satunya adalah terjadinya penurunan (konsolidasi) tanah yang apabila mengalami pembebanan di atasnya maka tekanan air pori akan naik sehingga air pori keluar yang menyebabkan berkurangnya volume tanah, oleh karena itu akan terjadi penurunan pada tanah. Salah satu metoda untuk mempercepat terjadinya proses konsolidasi untuk konstruksi dari beberapa struktur yaitu dengan menggunakan metoda drainase vertical. Dalam penelitian ini digunakan Prefabricated Vertikal Drain (PVD) dengan ukuran PVD 10 x 1 cm2. Aliran air arah horizontal akan diinduksi oleh PVD dan untuk aliran air arah vertical diinduksi oleh timbunan pasir (sand blanked) diatasnya. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Vertikal Drain diperoleh bahwa semakin besar jarak dari Vertikal Drain maka waktu penurunan konsolidasi akan semakin lama. Dari dua pola yang digunakan yakni pola segitiga dan pola segiempat, terlihat bahwa pada pola segitiga konsolidasi lebih cepat terjadi dibandingkan dengan pola segiempat. Ini dikarenakan pola segitiga memiliki daerah pengaruh yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:06
Last Modified: 11 Oct 2011 08:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13455

Actions (login required)

View Item View Item