Repository Universitas Andalas

ANALISA PENGARUH INVESTASI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA BARAT

A, Akhmad Adrian (2008) ANALISA PENGARUH INVESTASI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PENGARUH INVESTASI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris adanya pengaruh investasi dan penyerapan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat periode 1984-2008. Permasalahan dalam penulisan ini adalah: a) Bagaimana perkembangan perekonomian selama periode 1984-2008, dan b) Bagaimana pengaruh investasi dan penyerapan tenaga kerja baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat. Dengan menggunakan data sekunder yang merupakan time series yang diambil dari BPS Sumatera Barat dan BKPMD Sumatera Barat Republik Indonesia selama periode penelitian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan metode Ordinary Least Squares. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa investasi mempunyai hubungan yang positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan penyerapan tenaga kerja mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 26 May 2011 04:37
Last Modified: 04 Oct 2011 07:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

View Item View Item