Repository Universitas Andalas

Studi Analitik pengaruh Retak Geser Diagonal terhadap Gaya Tarik Tulangan longitudinal Balok Beton Bertulang

Sasmita, Iza (2008) Studi Analitik pengaruh Retak Geser Diagonal terhadap Gaya Tarik Tulangan longitudinal Balok Beton Bertulang. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Studi Analitik pengaruh Retak Geser Diagonal terhadap Gaya Tarik Tulangan longitudinal Balok Beton Bertulang ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (707Kb) | Preview

Abstract

Keruntuhan geser pada struktur beton bertulang harus dihindari. Pada balok, keruntuhan ini ditandai dengan adanya retak diagonal pada daerah bentang geser. Akibat adanya retak diagonal ini, gaya tarik pada tulangan akan bergeser kearah tumpuan, sehingga diperlukan panjang penyaluran tambahan di daerah tumpuan. Skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisa tentang pola keruntuhan pada struktur balok sederhana hingga menjadi retak geser diagonal, serta pengaruhnya terhadap gaya tarik tulangan longitudinal dengan menggunakan software Athena. Komponen-komponen yang mempengaruhi desain geser balok beton bertulang antara lain panjang bentang balok (l) ratio perbandingan bentang geser terhadap tinggi efektif balok (a/d), tulangan utama (tekan dan tarik) dan tulangan geser, serta propertis beton dan tulangan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa balok tanpa tulangan geser runtuh dalam keadaan geser sedangkan balok dengan tulangan geser mengalami keruntuhan lentur dan akibat terjadinya retak geser diagonal gaya tarik pada tulangan akan bergeser ke arah tumpuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:04
Last Modified: 10 Oct 2011 03:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item