Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DAERAH SEBELUM DAN SESUDAH KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH KABUPATEN AGAM

Mardianiaty, Mardianiaty (2008) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DAERAH SEBELUM DAN SESUDAH KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH KABUPATEN AGAM. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DAERAH SEBELUM DAN SESUDAH KEBIJAKAN OTONOMI DAERAH KABUPATEN AGAM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan daerah yang diukur dengan berbagai macam rasio derajat otonomi fiskal pemerintah daerah kota Surakarta pada aspek derajat desentralisasi fiskal, kebutultan fiskal, kapasitas fiskal dan upaya atau posisi fiskal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemandirian pemerintah Kabupaten Agam masih relatif rendah karena pemerintah daerah masih sangat tergantung kepada pemerintah pusat. (2) Pemerintah daerah Kabupaten Agam memiliki kebutuhan fiskal yang besar. Hal ini terbukti dengan besarnya kebutuhan fiskal daerah dibandingkan dengan standar kebutuhan fiskal rata-rata se-Sumatera Barat baik untuk setiap tahunnya maupun secara rata-rata. (3) Pemerintah daerah kabupaten Agam memiliki kapasitas fiskal lebih besar dari kebutuhan fiskal setelah otonomi daerah. Hal ini berarti bahwa pemerintah daerah kabupaten Agam sudah mulai mampu memenuhi kebutuhan fiskal daerahnya namun masih memerlukan subsidi dari pemerintah pusat dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah. (4) Posisi/upaya fiskal dari pemerintah daerah kabupaten Agam yang dihitung dengan rata-rata perubahan PAD terhadap rata-rata perubahan PDRB selama kurun waktu tiga tahun, anggaran menunjukkan hasil lebih dari 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:04
Last Modified: 10 Oct 2011 03:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item