Repository Universitas Andalas

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Untuk Berhubungan dengan Bank Syariah (Studi Kasus Kota Padang Panjang)

Sari, Siska Fitrima (2008) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Untuk Berhubungan dengan Bank Syariah (Studi Kasus Kota Padang Panjang). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Untuk Berhubungan dengan Bank Syariah (Studi Kasus Kota Padang Panjang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah untuk berhubungan dengan bank syariah dengan studi kasus Kota Padang Panjang. Dipilih objek penelitian di Kota Padang Panjang karena kota tersebut adalah kota Serambi Mekkah dan kental dengan nilai-nilai keislaman. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : hukum bunga bank, akses lokasi bank syariah, pelayanan, fasilitas dan produk bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh dan peluang variabel-variabel tersebut dalam preferensi nasabah untuk berhubungan dengan bank syariah. Untuk itu metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode regresi logistik. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuisioner sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling, yaitu suatu teknik pengambilan sampel dengan responden adalah orang yang secara spontan bersedia menjadi responden. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa hanya variabel pelayanan dan produk bank syariah yang mempunyai pengaruh secara signifikan pada taraf kepercayaan 5%. Sedangkan variabel hukum bunga bank, akses dan fasilitas tidak mempunyai pengaruh signifikan. Namun, variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan tersebut mempunyai peluang dalam meningkatkan preferensi nasabah untuk berhubungan dengan bank syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:03
Last Modified: 07 Oct 2011 09:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13482

Actions (login required)

View Item View Item