Repository Universitas Andalas

Peran ninik mamak Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Kelurahan Siaga di Kota Payakumbuh. Studi Kasus di Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Padang Kaduduk Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Balai Jaring Kecamatan Payakumbuh Timur.

Devitra, Devitra (2008) Peran ninik mamak Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Kelurahan Siaga di Kota Payakumbuh. Studi Kasus di Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Padang Kaduduk Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Balai Jaring Kecamatan Payakumbuh Timur. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Peran ninik mamak Dalam Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Kelurahan Siaga di Kota Payakumbuh. Studi Kasus di Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kelurahan Padang Kaduduk Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kelurahan Balai Jaring Kecamata) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661Kb) | Preview

Abstract

Salah satu program pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan yang merupakan grand strategy untuk mewujudkan visi Indonesia Sehat 2010 adalah pada akhir 2008 seluruh desa sudah menjadi Desa Siaga. Untuk tercapainya grand strategy tersebut, keterlibatan tokoh masyarakat diharapkan dapat berperan dalam menggali sumber daya untuk kelangsungan penyelenggaraan kelurahan siaga menaungi dan membina kegiatan kelurahan siaga serta menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan Kelurahan Siaga. Agar program ini dapat dicapai sesuai harapan perlu dilihat bagaimana persepsi ninik mamak sebagai tokoh masyarakat tentang kelurahan siaga dan bagaimana perannya dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan Kelurahan Siaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan rancangan studi kasus dengan metode kualitatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:03
Last Modified: 03 Oct 2011 09:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13485

Actions (login required)

View Item View Item