Repository Universitas Andalas

KEARIFAN MASYARAKAT LOKAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi kasus: Daerah Perbatasan Taman Nasional Kerinci Seblat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat)

SYAHRAWATI, MY (2008) KEARIFAN MASYARAKAT LOKAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi kasus: Daerah Perbatasan Taman Nasional Kerinci Seblat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (KEARIFAN MASYARAKAT LOKAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi kasus: Daerah Perbatasan Taman Nasional Kerinci Seblat di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Propinsi Sumatera Barat)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (594Kb) | Preview

Abstract

Seluruh kawasan taman nasional di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Irian Jaya Barat saat ini berada dalam ancaman eksploitasi manusia. Laju deforestasi dan degradasi meningkat dengan pesat. Wolrd Research Instituto (WRI) berani berestimasi bahwa pada abad ini, lndonesia akan kehilangan 72% hutan aslinya. Bahkan diperkirakan sekitar tahun 2005, seluruh kawasan hutan di Sumatera akan habis jika deforestasi dan degradasi tidak dikendalikan. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan taman nasional yang terletak di Sumatera dengan tingkat keterancaman paling tinggi, padahal taman nasional tersebut berarti sangat penting dan diperhitungkan karena fungsi, peran dan potensinya. Pelestarian kawasan dengan memanfaatkan kearifan masyarakat lokal sering lebih efektif dan berkelanjutan daripada sistem yang diregulasi pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 03:02
Last Modified: 07 Oct 2011 03:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item