Repository Universitas Andalas

STRUKTUR KOMUNITAS APIDAE DAN AKTIVITAS KUNJUNGANNYA PADA JERUK MANIS (Citrus sinensis (L.) Osbeck)

Yuniana, Barwita (2008) STRUKTUR KOMUNITAS APIDAE DAN AKTIVITAS KUNJUNGANNYA PADA JERUK MANIS (Citrus sinensis (L.) Osbeck). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (STRUKTUR KOMUNITAS APIDAE DAN AKTIVITAS KUNJUNGANNYA PADA JERUK MANIS (Citrus sinensis (L.) Osbeck)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (518Kb) | Preview

Abstract

Ekosistem terdiri dari berbagai jenis struktur komunitas. Komponen-komponen ekosistem yang terdiri dari produsen (tumbuhan), herbivora, karnivora tingkat I, karnivora tingkat II, top karnivora dan pengurai (detrivora) yang berinteraksi secara terus menerus sehingga terjadi keseimbangan. Salah satu komunitas yang banyak mempunyai peranan dalarn ekosistem adalah komunitas serangga. Serangga yang sangat besar peranannya dalam kehidupan adalah serangga penyerbuk. Serangga ini sangat membantu bagi tumbuhan yang tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri. Bangsa lebah (Hymenoptera) merupakan kelom pok serangga yang banyak berperan sebagai penyerbuk, diantaranya famili Apidae. Beberapa jenis dari famili Apidae telah dibudidayakan baik untuk diambil madunya ataupun untuk penyerbukan. Hasil penelitian terhadap beberapa tanaman buah yang penyerbukannya dibantu oleh lebah seperti cherry, apel dan cabe ternyata memang dapat meningkatkan hasil. Jenis-jenis lebah dan aktifitas kunjungannya pada bunga jeruk belum banyak diketahui. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1). Mengetahui komposisi dan struktur komunitas Apidae di kebun jeruk dan sekitarnya pada saat berbunga dan tidak berbunga, (2). Mengetahui aktifitas kunjungan Apidae pada bunga jeruk manis, (3). Untuk mengetahui intensitas kunjungan Apidae pada bunga jeruk manis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Biologi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 22 May 2011 06:33
Last Modified: 12 Oct 2011 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item View Item