Repository Universitas Andalas

Deteksi Bakteri dan Virus Patogen Tular Benih dari Lima Daerah Sumber Benih Kedelai (Glycine max (L.) Merill) di Sumatera Barat.

Sulhaswardi, Sulhaswardi (2008) Deteksi Bakteri dan Virus Patogen Tular Benih dari Lima Daerah Sumber Benih Kedelai (Glycine max (L.) Merill) di Sumatera Barat. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Deteksi Bakteri dan Virus Patogen Tular Benih dari Lima Daerah Sumber Benih Kedelai (Glycine max (L.) Merill) di Sumatera Barat.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (537Kb) | Preview

Abstract

Hasil tanaman kedelai di Indonesia masih rendah yaitu 1,.16 ton/ha. Rendahnya produksi kedelai disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah serangan hama dan penyakit. Salah satu penyakit penting yang menyerang tanaman kedelai adalah penyakit yang patogen penyebabnya tular benih, yang disebabkan oleh bakteri dan virus patogen. Bakteri yang menginfeksi benih kedelai ini antara lain Pseudomonas syringae pv. glycinea dan Xanthomonas campestris pv. glycines, sedangkan virus patogen'tular benih adalah penyakit virus belang kedelai (Soybean Mozaik Virus) dan virus kerdil kedelai (Soybean Stunt Virus).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 22 May 2011 06:32
Last Modified: 10 Oct 2011 09:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item