Repository Universitas Andalas

Analisa Modal Sosial Masyarakat Desa (studi Kasus di Nagari Kolok, Kecamatan Barangin, Kota sawahlunto)

FRS, Siti Latifah (2008) Analisa Modal Sosial Masyarakat Desa (studi Kasus di Nagari Kolok, Kecamatan Barangin, Kota sawahlunto). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisa Modal Sosial Masyarakat Desa (studi Kasus di Nagari Kolok, Kecamatan Barangin, Kota sawahlunto)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (482Kb) | Preview

Abstract

Konsep modal sosial mengandung arti struktur hubungan menjadi modal dalam pencapaian tujuan hidup, dimana struktur hubungan ini diwujudkan dalam bentuk kerjasama yang didasari dengan rasa saling mempercayai. Rasa saling percaya ini bisa terdapat pada kelompok sosial terkecil seperti keluarga sampai terbesar seperti negara. sedangkan kemampuan bekerjasama bergantung pada sampai sejauh mana masyarakat memiliki persamaan norma dan nilai-nilai. Modal sosial ini tidak dapat diperoleh oleh individu-individu yang bertindak sendiri- sendiri melainkan didasarkan pada keumuman nilai-nilai sosial diantara kita. Dan modal sosial ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat. Sementara itu, kebijakan pembangunan yang kita laksanakan selama ini adalah kebijakan pembangunan yang sentralistik dan tidak mengenal diversifikasi, menyebabkan terkuburnya potensi-potensi yang ada di daerah. Kebijakan tersebut pada akhirnya ditujukan pada obyek yang menjadi sasarannya. Hal ini mengandung pengertian bahwa hampir tidak ada partisipasi dari masyarakat, khususnya mereka yang berada pada lapisan bawah, untuk ikut serta dalam merencanakan dan menentukan kebijakan terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat, sekalipun dalam bentuk partisipasi yang sangat sederhana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 22 May 2011 06:32
Last Modified: 04 Oct 2011 02:23
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item