Repository Universitas Andalas

RESPONS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)TERHADAP MACAM CAMPURAN ZEOLIT-UREA DENGAN BANYAK KALI APLIKASINYA

Ifiati, Ifiati (2008) RESPONS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)TERHADAP MACAM CAMPURAN ZEOLIT-UREA DENGAN BANYAK KALI APLIKASINYA. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (RESPONS TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.)TERHADAP MACAM CAMPURAN ZEOLIT-UREA DENGAN BANYAK KALI APLIKASINYA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (519Kb) | Preview

Abstract

Jagung merupakan tanaman yang sangat membutuhkan N di samping unsur hara lain selama masa pertumbuhan sampai pematangan bijinya. Khusus kebutuhan akan N tersebut berbeda setiap fase pertumbuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan akan N ini pemberiannya dilakukan secara bertahap, biasanya dengan 3 kali aplikasi agar pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu. Pupuk N merupakan unsur yang sangat penting dalam meningkatkan produksi tanaman pangan, namun efisiensi pemanfaatannya oleh tanaman masih sangat rendah, hanya 29 - 45 %. Untuk meningkatkan efisiensi N ini berbagai cara telah dilakukan, misalnya dengan mengatur waktu pemupukan, cara penempatan pupuk membungkus pupuk dalam bentuk tablet, meningkatkan daya serap tanah terhadap pupuk dan lain sebagainya. Dewasa ini dikembangkan pemanfaatan zeolit untuk meningkatkan efisiensi pemakaian pupuk termasuk N, karena keberadaannya cukup banyak di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 22 May 2011 06:32
Last Modified: 04 Oct 2011 04:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item View Item