Repository Universitas Andalas

Analisis Program Dana Bergulir (Revolving Fund) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Solok

Ekaputra, Muhammad Topan (2008) Analisis Program Dana Bergulir (Revolving Fund) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Solok. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Analisis Program Dana Bergulir (Revolving Fund) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Solok) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411Kb) | Preview

Abstract

Salah satu upaya memutuskan rantai kemiskinan adalah dengan pemberian suntikan melalui kredit. Dengan kredit diharapkan mampu menciptakan kondisi yang kondusif untuk kegiatan produktif sehingga dapat meningkatkan pendapatan, akumulasinya modal dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan si penerima kredit. Dalam kaitan itu untuk mengatasi kelangkaan permodalan masyarakat di pedesaan, pemerintah telah berupaya memperluas jaringan lembaga keuangan formal sampai ke pedesaan. Namun kenyataannya selama ini fasilitas tersebut hanya dimanfaatkan oleh golongan masyarakat yang bukan tergolong miskin yang mempunyai akses ke lembaga kredit. Sedangkan masyarakat lapisan bawah (miskin) masih sangat sulit memanfaatkan kredit secara optimal. Hal ini karena mereka dipandang tidak memenuhi kualifikasi perbankan yang masih kaku (Bankable). Oleh sebab itu faktor modal selalu menjadi kendala dalam melakukan usaha produktif masyarakat untuk meningkatkan pendapatan. Salah satu alternatif yang diharapkan mampu mengatasi persoalan tersebut adalah melalui Program Dana Bergulir (Revolving Fund). Program ini berorientasi sosial (Social oriented) dan diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan dasar keinginan masyarakat lapisan bawah seperti yang tercantum pada TOR Program Dana Bergulir (Revolving Fund).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 May 2011 23:13
Last Modified: 03 Oct 2011 09:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13517

Actions (login required)

View Item View Item