Repository Universitas Andalas

Evaluasi Nilai Nutrisi Kulit Buah Markisa (KBM) Melalui Amoniasi Dengan Dosis Urea dan Lama Pemeraman yang Berbeda

Afriyani, Sulastri (2010) Evaluasi Nilai Nutrisi Kulit Buah Markisa (KBM) Melalui Amoniasi Dengan Dosis Urea dan Lama Pemeraman yang Berbeda. Other thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (Evaluasi Nilai Nutrisi Kulit Buah Markisa (KBM) Melalui Amoniasi Dengan Dosis Urea dan Lama Pemeraman yang Berbeda) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (573Kb) | Preview

Abstract

Kulit Buah Markisa (KBM) merupakan salah satu hasil sampingan produk limbah pertanian yang tersedia sepanjang tahun, sehingga berpotensi sebagai pakan ternak terutama untuk daerah yang kekurangan hijauan. Akan tetapi pemanfaatan KBM sebagai.pakan ternak memiliki kendala yaitu kandungan serat kasar yang tinggi dan zat anti nutrisi tannin dan lignin yang tinggi, sehingga sulit dicerna oleh mikroba rumen. Kandungan serat berupa lignoselulosa dalam KBM dapat menjadi penghalang dalam mencerna karbohidrat pakan serta kandungan tannin yang juga dapat membentuk ikatan dengan protein. Untuk mengatasi hal itu perlu dilakukan pengolahan yang sesuai sehingga bahan pakan lignoselulosa memiliki kualitas yang cukup sebagai pakan ternak ruminansia yaitu pengolahan secara kimiawi amoniasi dengan urea. Urea sebagai sumber amonia, banyak diteliti efeknya karena perlakuannya mudah, murah serta aman dilaksanakan dan selain itu urea juga berperan menghidrolisa ikatan lingo- selulosa, mengembangkan serat selulosa sehingga memudahkan penetrasi enzim selulosa mikoba dalam rumen, selain itu salah satu cara penanganan untuk menurunkan kandungan rannin dalam pakan adalah dengan menambahkan larutan alkali seperti urea.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Agronomi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 20 May 2011 23:13
Last Modified: 20 May 2011 23:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item View Item