Repository Universitas Andalas

KARAKTERISASI BAJA SA302B AKIBAT THERMAL AGING MENGGUNAKAN METODE UJI ULTRASONIK DAN UJI KEKERASAN VICKERS

Lenggogeni, Debby (2008) KARAKTERISASI BAJA SA302B AKIBAT THERMAL AGING MENGGUNAKAN METODE UJI ULTRASONIK DAN UJI KEKERASAN VICKERS. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (KARAKTERISASI BAJA SA302B AKIBAT THERMAL AGING MENGGUNAKAN METODE UJI ULTRASONIK DAN UJI KEKERASAN VICKERS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (590Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan pemanasan material logam baja karbon rendah SA302B pada temperatur menengah (350 'C) dengan variasi waktu 140 jam, 700 jam, 1600 jam, 2610 jam dan 3500 jam. Pemanasan dengan waktu yang bervariasi ini akan menyebabkan terjadinya perubahan pada sifat fisik dan mekanik material. Untuk mengetahui tingkat perubahan material SA302B secara tak rusak, dilakukan pengujian dengan menggunakan uji ultrasonik pada baja SA302B yang sangat dipengaruhi oleh mikrostruktur akibat lama waktu pemanasan yang berbeda. Karakterisasi menggunakan parameter gelombang ultrasonik yaitu cepat rambat gelombang dalam material dan atenuasi gelombang ultrasonik. Hasil karakterisasi dari uji ultrasonik memperlihatkan hubungan berbanding lurus antara cepat rambat gelombang dengan kekerasan, serta memiliki hubungan berbanding terbalik antara cepat rambat gelombang dan kekerasan dengan atenuasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:01
Last Modified: 05 Oct 2011 07:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item