Repository Universitas Andalas

INDUKSI AKAR STEK PUCUK NILAM (Pogostemon cablin Benth.) DENGAN BEBERAPA PERANGSANG AKAR DAN PERTUMBUHANNYA SETELAH DIINOKULASI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA)

Satria, Nori (2008) INDUKSI AKAR STEK PUCUK NILAM (Pogostemon cablin Benth.) DENGAN BEBERAPA PERANGSANG AKAR DAN PERTUMBUHANNYA SETELAH DIINOKULASI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (INDUKSI AKAR STEK PUCUK NILAM (Pogostemon cablin Benth.) DENGAN BEBERAPA PERANGSANG AKAR DAN PERTUMBUHANNYA SETELAH DIINOKULASI DENGAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Induksi Akar Stek Pucuk Nilam (Pogostemon cablin Benth.) dengan Beberapa Perangsang Akar dan Pertumbuhannya Setelah Diinokulasi dengan Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) telah dilakukan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Kultur Jalingan Universitas Andalas Padang pada bulan Agustus sampai November 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis perangsang akar yang lebih baik dalam menginduksi akar, jenis inokulan FMA terbaik dalam mendorong pertumbuhan stek pucuk P. cablin dan tingkat ketergantungannya terhadap inokulasi FMA. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 tahap. Tahap I yaitu induksi akar dengan 3 perlakuan yaitu perendaman dalam aquades sebagai kontrol, larutan Rootone-F dan larutan Rapid Root dengan 30 ulangan. Tahap II yaitu inokulasi FMA dengan 3 perlakuan yaitu tanpa inokulasi FMA sebagai kontrol, inokulasi singlespora (Gigaspora rosea) dan multispora (Glomus fasciculatum, Acaulospora tuberculata dan G rosea) dengan 10 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rootone-F lebih baik dari pada Rapid Root dalam menginduksi akar, multispora memberikan pengaruh lebih baik terhadap pertambahan tinggi stek pucuk P. cablin dibandingkan singlespora dan. P. cablin memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap inokulasi multispora.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:00
Last Modified: 10 Oct 2011 04:01
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13558

Actions (login required)

View Item View Item