Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN MULSA DAUN SIBUSUAK (Tithonia diversifolia A.Gray) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA DAN HASIL KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.)

Varientina, Ferua Siska (2008) PENGARUH PEMBERIAN MULSA DAUN SIBUSUAK (Tithonia diversifolia A.Gray) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA DAN HASIL KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBERIAN MULSA DAUN SIBUSUAK (Tithonia diversifolia A.Gray) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA DAN HASIL KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L.)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (809Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Pemberian Mulsa Daun Sibusuak (Tithonia diversifolia A.Gray) Terhadap Pertumbuhan Gulma dan Hasil Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) telah dilaksanakan di rumah kawat dan Laboratorium Ekologi Teresterial Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang dari bulan May 2010 sampai Agustus 2010. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan enam ulangan. Takaran mulsa yang diberikan adalah 100 g, 200 g, 300 g dan tanpa pemberian mulsa sebagai kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian mulsa daun dengan takaran 100, 200 dan 300 g dapat menekan pertumbuhan gulma, berpengaruh nyata meningkatkan tinggi tanaman, jumlah polong pertanaman, berat biji pertanaman, berat basah tanaman, berat kering tanaman, berat basah gulma dan berat kering. Hasil terbaik didapatkan pada pemberian mulsa 300 g/polibeg.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QK Botany
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:00
Last Modified: 11 Oct 2011 05:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item View Item