Repository Universitas Andalas

Analisis Kualitas Air Danau Maninjau Sekitar Keramba Ikan Terhadap Parameter Fisika (suhu, TSS) dan Parameter Kimia (pH, DO, BOD, COD)

Ramadani, Meika (2008) Analisis Kualitas Air Danau Maninjau Sekitar Keramba Ikan Terhadap Parameter Fisika (suhu, TSS) dan Parameter Kimia (pH, DO, BOD, COD). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Analisis Kualitas Air Danau Maninjau Sekitar Keramba Ikan Terhadap Parameter Fisika (suhu, TSS) dan Parameter Kimia (pH, DO, BOD, COD)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (561Kb) | Preview

Abstract

Berbagai aktivitas yang dilakukan di Danau Maninjau menyebabkan penurunan fungsi ekosistem danau, sehingga menjadi permasalahan dalam beberapa tahun belakangan ini seperti matinya ikan keramba serta berubahnya warna air yang semula bening sekarang sudah berwarna kehijauan dan berbau. Maka perlu dilakukan analisis terhadap kualitas air ditinjau dari parameter fisika (suhu, TSS) dan parameter kimia (pH, DO, BOD, COD). Sampel diambil 9 titik yaitu 7 titik sebagai sampel dan 2 titik sebagai kontrol. Analisis suhu, pH dan DO langsung dilakukan di lokasi pengambilan sampel, sedangkan analisis TSS, BOD dan COD dilakukan di laboratorium. Metoda yang digunakan yaitu gravimetri dan volumetri. Data yang didapat dari analisis suhu berkisar antara 27 ,5'C - 30'C; TSS 38 - 121 mg/L; pH 7,03 - 7,6; DO berkisar 3,82 - 8,42 mg/L; BOD 1,10 - 1,74 mg/L dan COD berkisar 7,78 - 14,10 mg/L . Berdasarkan data yang diperoleh dari analisis parameter fisika-kimia dapat diketahui bahwa parameter yang diukur hasilnya memenuhi syarat PP RI No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air kelas III, air Danau Maninjau masih layak digunakan sebagai tempat budidaya ikan air tawar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 03:00
Last Modified: 10 Oct 2011 07:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item