Repository Universitas Andalas

STUDI KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ASPAL BUTON DALAM CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA

DARMA, INTAN BAYU PUTRI DWI (2010) STUDI KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ASPAL BUTON DALAM CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI KARAKTERISTIK PENGGUNAAN ASPAL BUTON DALAM CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (267Kb) | Preview

Abstract

Jenis konstruksi jalan yang rrlnuln dijumpai adalah konstruksi perkerasan lentur. Salah satu jenis campuran perkerasal lentur adalah Lapis Aspal Buton (Asbuton). Pada saat ini di Indcnesia aspal yang masih banyak digunakan yaitu aspal cair impor. Aspal ili harganya relatif rnahal, hal ini disebabkan jumlahnya yang sangat terbatas di pasaran dunia sehingga memicu kenaikan harga aspal tersebut. Sebagian dari kebutuhan aspal di indonesia rnerupakan impor, sehingga diperlukan alternatif pengganti yang mudah didapat secara lokal agar harganya lebih ekononris. Aspai buton harganya relatif murah, pemerintah bisa menghemat pengeluarannya dengan cara mengganti impor aspal cair dan menggantinya dengan mengoptimalkan produksi aspal buton. Hal ini yang menjadi faktor pendorting untuk melakukan penelitian terhadap aspal buton sebagai salah satu bahan lokal sebagai alter"natif pengganti untuk mengetahui seberapa besal kelayakan penggunaan aspal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 27 May 2011 02:59
Last Modified: 27 May 2011 02:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item View Item