Repository Universitas Andalas

UJI PENGEMBANGAN (SWELLING) PADA TANAH LEMPUNG DENGAN SEMEN SEBAGAI BAHAN ADDITIF DI LABORATORIUM

APRIYANTI , DINA (2010) UJI PENGEMBANGAN (SWELLING) PADA TANAH LEMPUNG DENGAN SEMEN SEBAGAI BAHAN ADDITIF DI LABORATORIUM. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (UJI PENGEMBANGAN (SWELLING) PADA TANAH LEMPUNG DENGAN SEMEN SEBAGAI BAHAN ADDITIF DI LABORATORIUM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (238Kb) | Preview

Abstract

Tanah yang sering dijumpai di lapangan memiliki sifat-sifat seperti sangaf lunak, kompressible dan kembang-susut yang besaq sehingga sangat beresiko apabila mendirikan konstruksi diatasnya. Seperti halnya pada tanah yang banyak mengandung lempung, tanah ini akan mengalami perubahan volume ketika kadar air berubah. Pengurangan kadar air menyebabkan lempung menyusut dan sebaliknya bila kadar air bertambah tanah lempung akan mengembang. Untuk memperbaiki sifat tanah tersebut perlu dilakukan proses perbaikan tanah, salah satunya dengan menambah material yang tidak aktif seperti semen Portland Tipe I atau Ordinary Portland Cement (OPC) sehingga memperkecil nilai pengembangan, hal ini disebabkan karena adanya proses pengerasan oleh semen apabila dicampur dengan air. Tujuan dati pengujian ini adalah Memperlajari sifat-sifat fisik dan sifat-sifat mekanik tanah lempung sehingga diketahui karakteristiknya, mengetahui potensi pengembangan tanah lempung sebelum diberi semen dan setelah diberi semen sebagai bahan aditif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 27 May 2011 02:58
Last Modified: 27 May 2011 02:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13582

Actions (login required)

View Item View Item