Repository Universitas Andalas

Hak dan Kewajiban Kapal dan Pesawat Udara Asing Dalam Melaksanakan Hak lintas Alur Laut Kepulauan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)

Neni, Hilma (2008) Hak dan Kewajiban Kapal dan Pesawat Udara Asing Dalam Melaksanakan Hak lintas Alur Laut Kepulauan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Hak dan Kewajiban Kapal dan Pesawat Udara Asing Dalam Melaksanakan Hak lintas Alur Laut Kepulauan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (581Kb) | Preview

Abstract

Tingginya intensitas lalu lintas pelayaran di perairan Indonesia di sebabkan letak geografis Indonesia yang strategis pada posisi silang dunia, berangkat dari posisi kelautan global tersebut tentunya membutuhkan peraturan yang jelas bagi Indonesia mengenai hak dan kewajiban kapal dan pesawat udara asing yang melaksanakan hak lintas di perairan Indonesia. Seiring dengan telah ditetapkannya 3 buah sumbu ALKI pada sidang Maritime Safety Committee (MSC-69) International Maritime Organization (IMO) pada tahun 1998, Indonesia dituntut untuk menyediakan alur pelayaran internasional yang aman bagi kapal dan pesawat udara asing yang melintasi perairan Indonesia. Maka daripada itu penulis mengangkat permasalahan mengenai bagaimanakah pengaturan mengenai hak dan kewajiban kapal dan pesawat udara asing dalam melaksanakan hak lintas alur laut kepulauan menurut ketentuan hukum internasional dan hukum nasional Indonesia serta bagaimanakah penegakan hukum di ALKI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 02:56
Last Modified: 06 Oct 2011 03:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13604

Actions (login required)

View Item View Item