Repository Universitas Andalas

Tinjauan Tentang Keberadaan KIPP Indonesia Sumbar Dalam Pemilu Tahun 1999 (Study Kasus di Daerah Propinsi Sumatra Barat )

HARIADI, INDRA (2008) Tinjauan Tentang Keberadaan KIPP Indonesia Sumbar Dalam Pemilu Tahun 1999 (Study Kasus di Daerah Propinsi Sumatra Barat ). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Tinjauan Tentang Keberadaan KIPP Indonesia Sumbar Dalam Pemilu Tahun 1999 (Study Kasus di Daerah Propinsi Sumatra Barat )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (704Kb) | Preview

Abstract

Pemilu di Indonesia merupakan sarana untuk melaksanakan kedaulatan rakyat dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. Hal ini tertuang dalam penjelasan Undang-undang No 3/1999 tentang Pemilu yang menyebutkan : ".... Pemilu bertujuan untuk memilih wakil rakyat untuk duduk di dalam Lembaga Permusyawaratan/Perwakilan Rakyat, membentuk pemerintahan, melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan mempertahankan keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia." Pelaksanaan pemilu tahun 1999 telah dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dan pemungutan suara sebagai puncak demokrasi rakyat telah dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 1999. Walaupun dalam pesta demokrasi kali ini ada beberapa wilayah Indonesia yang diundur pelaksaan pesta demokrasinya, seperti ditempat pemungutan suara yang terpencil dan tingkat kecurangannnya tinggi,tetapi untuk Sumatra Barat pemilu dilaksanakan hampir serentak disemua wilayahnya. Dengan catatan, terjadi pengulangan pemungutan suara di Mentawai dan beberapa TPS di Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 02:54
Last Modified: 04 Oct 2011 03:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item