Repository Universitas Andalas

ANALISIS YURIDIS TERHADAP HASIL PELAKSANAAN PEMANTAUAN PEMILU 1999 DI PROPINSI SUMATERA BARAT

Hendrisya, Hendrisya (2008) ANALISIS YURIDIS TERHADAP HASIL PELAKSANAAN PEMANTAUAN PEMILU 1999 DI PROPINSI SUMATERA BARAT. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS YURIDIS TERHADAP HASIL PELAKSANAAN PEMANTAUAN PEMILU 1999 DI PROPINSI SUMATERA BARAT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (614Kb) | Preview

Abstract

Pemilihan umum 1999 merupakan gerbang menuju civil society guna berjalannya demokratisasi yang diperjuangkan oleh mahasiswa diawal tahun 1997. sejarah telah membuktikan hahwa pemilu sebelumnya merupakan legitimasi semu yang diperoleh oleh penguasa pada rezim Orde Baru yang dimotori oleh Soeharto. untuk memperbaiki hal ini tidak semudah membalik telapak tangan apalagr 32 tahun dibawah kepemimpinan otoratarian yang menyebabkan hancurnva demokrasi sehingga terjadinya perlawanan rakyat. Pada pemilu kali ini banyak hal-hal baru yang merupakan cerminan mulainya berjalan demokrasi secara bertahap diantaranya : kehadiran pemantau pemilu independen dalam pelaksanaan pemilihan umum guna memantau jalannya pemilihan umum yang jujur,adil dan luber yang akuntabilitasnya dapat diterima oleh masyarakat banyak, serta perubahan undang- undang politik ysng ada merupakan suatu prestasi guna meningkatkan pemahaman dan kepemilikan rakyat terhadap negeri ini, kebebasan yang bertanggung jawab disegala bidang dan kritikan terhadap penguasa merupakan hal yang halal, kebebasan pers yang selama ini sering diabaikan sebagai kontrol sosial selain institusi yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 02:54
Last Modified: 05 Oct 2011 03:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13626

Actions (login required)

View Item View Item