Repository Universitas Andalas

Peranan Dan Kedudukan Produk KAN Pada Putusan PN Dalam Menyelesaikan Sengketa Tanah Adat (Study Kasus Pada Pengadilan Negeri Kelas I A Padang)

ARDISAL, ARDISAL (2008) Peranan Dan Kedudukan Produk KAN Pada Putusan PN Dalam Menyelesaikan Sengketa Tanah Adat (Study Kasus Pada Pengadilan Negeri Kelas I A Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (Peranan Dan Kedudukan Produk KAN Pada Putusan PN Dalam Menyelesaikan Sengketa Tanah Adat (Study Kasus Pada Pengadilan Negeri Kelas I A Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (458Kb) | Preview

Abstract

Landasan yuridis dari Kerapatan Adat Nagari yaitu Perda Sumatera Barat No.13/1983 yang memberikan kewenangan untuk menyelesaikan sengketa adat dalam lingkungan Nagarinya. Penyelesaian mana dilakukan secara "berjenjang naik bertangga turun" secara musyawarah dan mufakat untuk mengambil keputusan. Pedoman penyelesaian perkara melalui KAN ini secara khusus diatur dalam SK Gubenur Sumatera Barat No.08/1994, dimana penyelesaian berbentuk perdamaian sepanjang adat. Untuk itu diharapkan sekali peranan dari KAN agar perkara yang diajukan kepadanya dapat diselesaikan dengan baik dan dapat diterima keputusannya oleh anak kemenakannya. Namun kenyataan yang kita dapati sekarang pihak-pihak yang bersengketa sering merasa tidak puas dengan apa yang telah diputus oleh KAN tersebut dan mereka mencari upaya lain yaitu penyelesaian melalui Pengadilan. Uraian diatas adalah merupakan latar belakang Penulis untuk menyusun karya tulis ini dengan judul: PERANAN DAN KEDUDUKAN PRODUK KAN TERHADAP PUTUSAN PN DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA TANAH ADAT. (Study Kasus Pada Pengadilan Negeri Kelas I A Padang) Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah: bagaimana peranan dan tugas yang dimiliki oleh KAN dalam menyelesaikan sengketa tanah adat, bagaimana prosedur dan proses penyelesaian sengketa tanah adat melalui KAN, apakah bentuk produk KAN serta bagaimana peranan dan kedudukannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 27 May 2011 02:54
Last Modified: 05 Oct 2011 02:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item View Item