Repository Universitas Andalas

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Investasi Perbankan Syariah di Indonesia

Ridala, Ahda (2008) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Investasi Perbankan Syariah di Indonesia. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Investasi Perbankan Syariah di Indonesia) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411Kb) | Preview

Abstract

Dalam upaya mendorong aktivitas investasi riil yang menciptakan nilai tambah (value added) yang dibutuhkan perekonomian, maka perbankan syariah (BUS dan UUS) sebagai bagian dari industri perbankan nasional atau sektor penunjang keuangan sektor riil sangat diharapkan untuk mampu secara serius mensukseskannya. Namun sejak tahun 2006, porsi (share) pembiayaan investasi dari total pembiayaan menurun dan hanya berkisar dua puluh hingga dua puluh dua persen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembiayaan investasi perbankan syariah meliputi dana pihak ketiga (DPK), tingkat margin pembiayaan investasi, pembiayaan investasi bermasalah dan inflasi selama periode triwulan keempat 2005 hingga triwulan ketiga 2010. Pengujian dilakukan dengan pembentukan model regresi linear berganda yang merujuk kepada persamaan pembiayaan dalam studi Sayed dan Nezamaddin (1995) mengenai perbankan di Iran yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi metode OLS (Ordinary Least Square) atau penyimpangan (error) yang minimum. Setelah dilakukan pengujian secara parsial atau individual, ditemukan bahwa hanya variabel dana pihak ketiga dan tingkat margin pembiayaan investasi yang secara signifikan mempengaruhi pembiayaan investasi. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, disarankan agar perbankan syariah untuk terus berupaya meningkatkan dana pihak ketiga dan menetapkan tingkat margin pembiayaan investasi sesuai perilaku dunia usaha yang rasional dan bersifat mengambang (flooting) ditengah dominasi kredit investasi perbankan konvensional, sehingga realisasi pembiayaan investasi yang lebih besar dimasa mendatang dapat ditingkatkan, yang pada akhirnya dapat mendorong percepatan nilai tambah dalam perekonomian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 27 May 2011 02:52
Last Modified: 11 Oct 2011 07:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item