Repository Universitas Andalas

Pelaksanaan Prinsip Good Local Governance dalam Pemerintahan Nagari (Studi Partisipasi, Transparansi, dan Akuntabilitas dalam Pembangunan Nagari Sungai Pua)

Aprato, Aprato (2008) Pelaksanaan Prinsip Good Local Governance dalam Pemerintahan Nagari (Studi Partisipasi, Transparansi, dan Akuntabilitas dalam Pembangunan Nagari Sungai Pua). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pelaksanaan Prinsip Good Local Governance dalam Pemerintahan Nagari (Studi Partisipasi, Transparansi, dan Akuntabilitas dalam Pembangunan Nagari Sungai Pua)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (799Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan prinsip good local governance khususnya prinsip partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pembangunan Nagari Sungai Pua. Pembangunan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana fasilitas umum nagari. Dalam penelitian ini yang menjadi pertanyaan penelitian adalah bagaimana pelaksanaan prinsip good local governance khususnya prinsip partisipasi, hansparansi, dan akuntabilitas dalam pembangunan Nagari Sungai Pua. Teori yang peneliti gunakan adalah teori partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe porelitian deslaiptil dengan teknik pemilihan informan secara Purposive Sampling. Urut analisis yang digunakan adalah unit analisis lembaga, menggunakan jenis data primer dan data sekunder dengan uji keabsatran data dengan trianggulasi sumber data serta analisis data dengan menggunakan interprestasi etik dan interprestasi etnik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam pembangunan Nagari Sungai Pua. Masyarakat diikutsertakan dalam mengusulkan program-progr�rm pembangunan nagari. Swadaya masyarakat sangat tinggi dalam pembangunan nagari. Swadaya tersebut berbentuk sumbangan dan4 tenag4 waktu, dan pikiran untuk pembangunan nagari. Pelaksanaen program-program pembangunan beluni transparan. Belum adanya informasi pembangunan yang terbuka kepada masyarakat. Secara proses, prinsip akuntabilitas sudatr terlaksana dalam pembangunan Nagari Sungai Pua. Tahapan-tahapan kebijakan pembangunan nagari telah dilaksanakan. Tetapi Pemerintah Nagari Sungai pua masih memprioritaskan program-program pembangunan yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Agam dari pada program-program pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat. Dengan dernikian pelaksanaan program-program pembangunan di Nagari Sungai Pua belum maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 08:04
Last Modified: 05 Oct 2011 08:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item