Repository Universitas Andalas

Pelaku Ekonomi Sektor Informal Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi (Studi Kasus : Lima Orang Tukang Jahit Sepatu Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi)

Wati, Eva (2010) Pelaku Ekonomi Sektor Informal Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi (Studi Kasus : Lima Orang Tukang Jahit Sepatu Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi). Other thesis, Fakultas Farmasi.

[img]
Preview
PDF (Pelaku Ekonomi Sektor Informal Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi (Studi Kasus : Lima Orang Tukang Jahit Sepatu Di Pasar Aur Tajungkang Kota Bukittinggi)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (688Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi tentang pendeskripsian 5 orang pelaku ekonomi sektor informal khususnya tukang jahit sepatu yang dipahami dengan cara etnografis. Pekerjaan sektor informal yang tujuannya unhrk memenuhi kebutuhan hidup para pelakunya maka ada yang menjadi buruh, tukang becak, kuli bangunan dan juga tukang jahit sepatu serta lainnya. Diantara alternatif-alteratif tersebut secara tidak langsung dengan bekerja sebagai tukang jahit sepatu telah mampu memberikan suatu lahan pekerjaan terutama bagi mereka yang berpendidikan rendah, Dimana mereka adalah sekelompok manusia yang terpaksa melakukan pekerjaan tersebut lantaran kesempatan bagi mereka untuk bekerja dalam sektor formal tidak ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pola pekerjaan keseharian tukang jahit sepatu dalam hal menawarkan jasa, pendapatan tukang jahit sepatu dan faktor yang memotivasi tukang jahit sepatu tetap bertahan pada pekerjaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik partisipant observation dan indepth interview. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik Snowball sampling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 26 May 2011 08:03
Last Modified: 26 May 2011 08:03
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item